Hahaha buat anak2 geng racun atau temen2 kantor sekubikel mungkin tau betapa hebohnya gw dlm mempersiapkan liburan gw ke Macau-HK bulan Maret 2011 nanti. Maklum lah -seperti liburan2 sebelumnya- disini gw berperan sebagai travel planner alias perencana kebangkrutan travel. Mulai dari pesen tiket, booking hotel, nyusun itinerary sampe budgeting *ceilee gaya bgt*

Cerita dimulai dari akhir okt / awal nov *lupa persisnya* Air Asia ngadain promo (lagi). pikir2, ah pengen liburan ber3an, kemana ya..? Singapur-Malaysia udah pernah *somboooong* Thailand? Oke nih kayaknya… Bangkok lanjut  Phuket. Cari2 tiket gak nemu2 yg murah.. bisa aja CGK-BKK nya murah, eh BKK-HKT ama HKT-CGK nya mahal. Kalo gak sebaliknya, gituuuu terus gak pernah dapet yg 3-3nya murah. Pindah haluan gimana kalo ke HK via KL… sami mawon, susah juga. Apalagi denger neng Iti cuma dapet 1,6jt PP nett walo jarak antara arrival & departure di KL nya agak mengkhawatirkan jadi berasa rugi kalo dapet yg jauh lebih mahal. Namun saya tidak menyerah begitu saja, sebab denger2 Mandala juga ada Promo.. langsung cek & ricek ternyata doi ada direct flight ke Macau & HK dan gak begitu mahal.. hurraaaah! Gak pake mikir 2x langsung gw book! Yg akibatnyaaaa.. niat hati mau book bulan Mei, tp yg di klik bulan Maret, oh no! hehe tapi yaa masak nolak sih liburan dipercepat :p Cuma yg agak khawatir suhu nya nih, bulan segitu udah mulai masuk musim semi sih, tapi suhu nya masih belasan derajat.. Ya udah lah ga usa dibikin susah, saatnya bergaya dgn coat bukan? :p

Old Navy coat, tapi yg kanan gw belinya warna pink. Pre Order di FD

Jadiiiii tiket udah ditangan nih, berangkat tgl 2 pulang tgl 8, total kita punya 6 hari full buat jalan2 karna pulang yg tgl 8 itu tengah malem. Skrg saatnya browsing hotel! Langkah pertama “namatin” thread Hongkong di FD & kaskus. Lanjut ke Trip Advisor & Agoda, tentulah yg rengking atas2 itu yg mahal.. fiuuh sayang ah spend terlalu banyak cuma buat numpang tidur. Ya udah standar diturunin lah.. yg penting di Kowloon side (biar cuma 1x nyebrang kalo mau ke lantau / HK Island), deket MTR station (semacem MRT kalo di SG) dan paling penting niiiih, masuk budget! Ya kalo bisa sih dikeramaian (bukan gang2 sempit). Kalo bisa juga deket mini store macam 7-11 gitu, mayan kalo mau belanja “darurat”

Setelah sekian lama berkutat dgn website2 tadi plus blog2 perjalanan orang, maka didapatlah nama2 berikut :

– evergreen hotel
– pop hotel
– cosmo kowloon hotel
– casa hotel
– imperial hotel
– dorsett seaview hotel
– cityview hotel
– shamrock hotel

Thanks to google map gw jadi bisa tau kondisi hotel & sekitarnya. Ada yg di foto lumayan, ternyata bangunannya mengenaskan *lebay*. Ada yg hotel nya cakep, tp lokasi agak horror *lebay lagi*. Ada yg katanya cuman 5 menit dr MTR station, tp 5 menit itu baru tercapai kalo digendong ama spiderman *masih lebay*. Maka satu persatu dari list itu pun gw coret.. tersisa 1 nama, Casa Hotel, dan ini bikin napsu karna di agoda hanya tersisa 1 kamar.. huaaah!

Lumayan kan hotelnya? Sebelahan ama 7-11, deket sama MTR station Yau Ma Tei. Oke, mikir dulu deh… karena kriteria gw nambah satu lagi nih *tepok jidat* yaitu deket sama resto halal. Browsing2 di kaskus, di sini di situ jadi pada intinya kalo mau makanan Indonesia, banyaknya di causeway bay. Makanan india/timur tengah di Kowloon sedangkan makanan cina (tentunya ini dong yg dicari) letaknya tersebar, tapi ada beberapa di Kowloon. Kowloon nya dimana? Gw cari2 lagi di peta ternyata deket ama MTR Tsim Sat Tsui (TST). Yah berarti nyari lagi dong di TST yg masuk budget? Nyaris mustahil kalo kekeuh mau di hotel (oya awalnya nyari hotel krn biar setidaknya sarapan aman, tp balik lg sarapan di hotel apa halal?).

Singkat cerita… akhirnya gw pilih Hop Inn Hostel Yak silahkan kalo mau ketawa, dulu aja maunya Hotel, skrg dptnya Hostel :p Hostel ini sebelomnya emang pernah disebut2 sama Iti (jadi tukeran gitu, doi malah dapet hostel dr gw). Lucu sih karna dia cuma punya 9 kamar dan tiap kamar ada tema nya masing2. (sayang pas booking ga bisa pilih temanya). Baca2 review di blog Mbak Tesya dan Encik Achie (seronok, katanya) gw jadi tambah yakin. Meski utk ukuran Hostel cukup mahal, tapi dengan kebersihan dan kenyamanannya ya gw pun ga keberatan lah. Oh dan satu lagi, hop inn ini kan di lantai 2 ya, lantai 1 koq ya kebetulan bgt ada resto India halal namanya India Palace .. yah tak apeu lah tiap pagi makan briyani, saya suka!

Oke, apalagi persiapannya? Nyusun Itinerary… ini juga seruuu! Sebenernya cukup buka Discover Hong Kong disini ada yg namanya interactive itinerary planner. Tinggal pilih theme nya (family fun kah? Cultural kah?), masukin lama liburannya, jadi deh itinerary yg sangat detail! Keren banget, asli! Tapi dasar gw maunya rempong, gw juga banding2in blog2 orang dan website tempat2 wisata, buat tau harga2 tiket nya. Haduh! Makin ga sabar pengen cepet2 kesana.. Kira2 begini lah rencananya nanti..

–         Day 1 : Explore Macau (Senado Square, St Paul Church ruin, Venetian & City of Dreams)

–         Day 2 : Disneyland all day long

–         Day 3 : New Territory – Kowloon – Shopping2 – Avenue of Stars & Symphony of Light

–         Day 4 : Explore HK Island –shopping – Victoria Peak – Madame Tussauds Museum

–         Day 5 : Ngong Ping – Giant Budha – Shopping at City Gate FO

–         Day 6 : Ocean Park all day long

Gw juga beli buku ini nih

direkomendasikan sama om Ali Santa karna foto2nya yg bagus tak menipu😀

PR berikutnya tinggal booking hotel di macau (udah tau si hotelnya, tinggal nunggu point dr agoda cair :D) dan cukup sudah rasanya ya kehebohan ini, ntar kalo terlalu heboh malah bosen :p Mari kita duduk manis kerja dengan giat sambil menanti datangnya 2 Maret 2011 yang tinggal 2 bulan lagi.. yayyyy!