“ceilee kayak yg advance traveller aja sok2an bikin tips.. eh suka2 gw dong, blog blog guweee”

Biasanya gw kalo travelling ga pernah ambil pusing.. pesen tiket, buking hotel, trus soal ntar disana mau kemana, naik apa, makan apa, bawa duit berapa dan sebagai nya yah “liat aja nanti”. Alhasil begitu pulang..

“haduh gw gak sempet kesini, nyesel!”
“yaamplop balik dari liburan ko tabungan gw tinggal segini?!”
“ah gw buang waktu bgt deh seharian cuma buat nyari restoran ini”
dst

tentu nya ngga pengen kan kayak gitu..? gw gak bilang liburan gw kemaren sempurna sesuai dengan rencana sih.. 80% ada lah.. sebagian besar tempat kesampean, dapet barang yg gw pengenin dan yg paling penting nih gw bisa spend duit sesuai perkiraan gw. Jadi gw cuma pake cash yg gw bawa, tak sekalipun gw gesek credit card *bangga*😀

yang 20% nya.. biarlah itu jadi pelajaran buat bikin travel plan dikemudian hari *ciee kapan tuh emangnya :p*

Awalnya gw pengen nyatetin dengan detail pengeluaran gw selama disana.. gw udah bawa notes kecil, hari pertama dan kedua udah gw catetin semua, tapi pas hari ke tiga notes gw ilang jatoh ga tau dimana abis itu gw jadi males nyatet2nya.. hahaha tapi sebagai patokan silahkan sambangi blog nya Nings.. asli jempol banget deh buat doi bisa sedetail ituh!

Oya, berhubung gw liburan nya sama bocah, jadi gak bisa ala backpacker loh ya. tetep sih nyari yang murah, tapi sebisa mungkin cari yang ternyaman dari yg murah2 itu *yaiyalaaah*. Nginep di hostel, tapi yang kamar mandi nya di dalem.. transport juga diusahakan pake MTR ato bis, naik taksi cuma dari dan ke airport. Makan juga gak mungkin makan pinggir jalan.. jajan ke circle K ato 7eleven tiap hari hahaha beli fresh milk!

1. bikin itinerary sedetail mungkin

Itinerary gw bikin di excel, kolomnya ada:
– date
– time
– activity
– transport
– cost
– notes
– reference website (biar tinggal klik!)

cara bikinnya
1. bikin list tempat2 yg mau dikunjungi
2. buka peta, tandain tempat2 itu & kelompokin tempat2 yg berdekatan
3. buka peta transportasi, misalnya kalo di hongkong peta rute MTR ada disindang
4. cek website tempat2 itu buat tau waktu operasi nya, harga tiket nya, “how to get there” nya.. kadang2 suka ada paket2 promo yg lebih murah (misal waktu ke peak ada paket peak tram + sky terrace + maddame tussaud). pertimbangkan juga beli tiket online, buat menghindari antri terutama di weekend

gampil, kan? jangan lupa jadwal makan juga dimasukin ke itinerary, biar keitung budgetnya. gw bikin sekali makan buat ber3 $ 150, kenyataannya kalo di restoran -biasa gw ke resto india/middle east- emang bener segituan.. kalo resto nya di tempat wisata, bisa lebih mahal dikit. tapi kalo fastfood paling cuma $ 30 per paket nya.

2. cari penginapan

kriteria gw pertama lokasi. harus deket MTR station, resto, mini market, dan harus kawasan rameee gw ga suka yg sepi dah.. kedua, tentu lah kenyamanan dan kebersihan, secara bawa anak ya bok.. gimana cari tau nya? google dari blog2 orang dan baca review2 (andelan gw trip advisor!). Terakhir harga. Hop Inn hostel itu top banget. Lokasi di TST, sejajaran ama nathan road. 1 jalan itu isinya toko semua, sebrang kamar gw persis ada HMV yg buka ampe tengah malem. Deket (alias bisa jalan kaki) sama TST MTR station, circle K, 7eleven, McD, harbour city, sasa, H&M, ferry terminal, kowloon park, avenue of stars, dan ribuan toko lainnya. oh.. ada pasar juga, mayan buat beli buah😀 Trus dibawahnya ada resto India halal, lumayan banget! Gw book double room, rate nya $ 520.. enak lah, minus nya cuma sempit, mana lah gw bawa 2 koper super gede.. emang kudunya triple room sih, cuma udah full waktu itu.

Nyari penginepan sebenernya gak usah buru2, karena kecil kemungkinan harganya berubah, gak kayak tiket pesawat. Baca review sebanyak2nya, buka google map.. soalnya biasanya foto sering menipu heheheh. kalo mau booking jauh2 hari (karena takut keburu full) boleh2 aja si, tapi baca dengan teliti T&C nya.. biasanya sih bisa cancel sebelom H-3, paling kena charge dikit.

3. Transport

beli octopus card itu wajib!! pembelian pertama $ 150, itu udah termasuk deposit $ 50, jadi yang bisa dipake cuma 100.. saran gw beli yg rada banyakan aja. apa itu octopus card? itu kartu segala bisa. buat naik MTR, bis, ferry, trem bisa.. buat belanja di circle K, 7 eleven, resto2 fast food bisa. enak deh, praktis! soalnya HKD tuh koin nya banyak beneur pecahannya.. remfong kan nyari2nya, belom nyimpennya :p

Hampir semua tempat wisata terjangkau MTR, kecuali ocean park kudu naik bis. Asik bis nya tingkat, kudu duduk diatas, paling depan dan rasakan sensasinya *ngikik* Oiya sebenernya di itinerary gw ada tuh keliling HK Island naik trem, cuman ga kesampean.. hiks. tampak seru. trus naik ferry dari TST ke central ato wanchai -ato sebaliknya- juga seru. cuma $ 2 lho.

4. Makan Halal

mau cari makanan halal di HK? list nya ada disini dan disana
yang paling gampang ditemui itu menurut pengamatan gw makanan india & middle east (err kayaknya makanan mereka setipe gak si?). Untuk pemula (alias yg baru nyobain), jangan lupa request yg “mild” biar rasa nya gak strong-strong amat.

Kebetulan gw bukan ibu yg rempong ya.. dan kebetulan anak gw juga gak rempong makannya. jadi selama disana gw beli2 aja. ga kebayang kalo gw musti masak sendiri, bawa peralatan perang ama bahan2nya, masaknya, beberesnya.. bhuu nungguin gw masak dulu mah kapan berangkatnya -_- gw bawa sih buat jaga2 oatmeal sama cereal instan, ya lumayan lah buat 2-3 kali sarapan (bosen juga kale). Ohya sama bawa cemilan2 yg menyehatkan dan bikin kenyang, mayan buat ganjel2 perut sebelom dapet makanan. Andelan gw cornflakes sama pisang😀

– di disneyland gw makan di tahitian terrace (adventureland) sepenglihatan gw di foodcourt yg ini ga ada yg jual babi
– di ngongping ada ebeneezer kebab, 100% halal.. makanannya bukan cuma kebab loh ya, ada nasi lauk pauk jg
– di peak gw ga makan si.. cuma disana ada Bubba Gump, seafood gitu. mungkin boleh ditengok
– di airport ada popeyes chicken, 100% halal
– di citygate outlet, di foodcourt Food Republic ada stand masakan India dan staffnya menjamin halal (walaupun gak ada tulisannya di signboard)

Catetan: resto2 di HK (kecuali fast food) biasanya bukanya siang.. jam 11-an gitu. jadi kalo sarapan pilihannya cuma fast food atau beli makanan dari malemnya.

Alhamdulillah deh Nai mayan gampang, doi doyan banget ayam KFC ckckck.. tinggal gw suir2in aja, bisa abis 2 paha :p

5. berlibur dengan batita

Gw sama Iti sepakat : gak usah dibikin susah deh! kalo dapetnya junk food, makanan dengan pengawet & MSG ya udah lah yaaa… sekali2 ini, ntar balik ke rumah juga makanan nya sehat lagi. Untungnya anak gw udah makan nasi sih. Kalo masi bubur gimana ya? dulu sih gw bawa slow cooker & food processor, tapi gw nginepnya dirumah sodara.. Ya mungkin terpaksa sewa apartemen kali ya, yg ada dapur nya segala..🙂 Oh ya, selalu bawa tempat makan kosong ya, mana tau bocah lagi mogok, makan nya lama banget ato gak abis, makanannya bisa ditaro di tempat makan. jadi kita bisa terus jalan, sambil suapin bocah. ati2 di transportasi umum gak boleh makan loh ya..

Carrier (gendongan) ato stroller? berhubung anak gw ga betah di stroller dan jarang di gendong, jadinya kita ga bawa 2-2nya tuh.. dan survive dong :p paling tidur siang 1x sebentar.. itu sih bapaknya gendong kuat lahhhh..😀 eniweiii kalo lo rasa perlu bawa, tapi rempong (maksudnya stroller ya) jangan khawatir krn ditempat2 wisata biasanya nyewain koq! Di disneyland nyewa seharian cuma $60, di ocean park juga ada, tp lupa berapanya. Nanti setiap masuk wahana ada antrian khusus stroller & kursi roda dan ada tempat parkir stroller, lucu deh!

Sekian aneka tips sotoy dari saya.